IKLAN

5 Cara menghindari pergaulan bebas

Pergaulan bebas merupakan kebiasan pergaulan yang tidak baik jika dijelaskan secara simplenya adalah pergaulan buruk tidak terkontrol yang berdampak buruk bagi pelakunya maupun orang sekitarnya.Di lingkungan kita tidak jarang bahkan bisa saja banyak lingkungan yang bisa memicu munculnya pergaulan bebas.
Munculnya pergaulan bebas banyak dipicu oleh banyak faktor salah satunya faktor keluarga dan lingkungan,jika seseorang yang jauh dari pengawasan oleh sosok keluarga semisal orang tua kemungkinan orang tersebut lebih besar resikonya terkena pergaulan bebas dan juga lingkungan sosial yang kurang akan moral dan akhlak pun menambah resiko pergaulan bebas.
Namun sebenarnya pergaulan bebas dapat dicegah dengan cara yang benar dengan niat dari diri sendiri walaupun banyak faktor yang bisa menggoda tentang pergaulan bebas,dan kali ini saya sudah merangkum beberapa cara agar bisa terhindar dari pergaulan bebas.
5 Cara menghindari pergaulan bebas




1.CARILAH KESIBUKAN!
Kesibukan yang dimaksud disini yaitu mengisi hari hari kamu dengan kegiatan positif Seperti melakukan aktivitas ektrakulikuler,bekerja,dan apapun juga yang merupakan kegiatan positif.Kesibukan seperti itu akan membuat kamu tidak akan bisa mencoba coba kegiatan tak berguna lain karena kamu sudah menjadwal kegiatan positif yang harus kamu lakukan.

2.PINTAR MEMILIH TEMAN!
Salah satu poin penting dalam pergaulan adalah meilih teman,Maksudnya memilih teman adalah memilih teman yang bisa mengajarkan kita menjadi lebih baik bukan menjadi lebih buruk dan mengajari kita hal hal yang negatif.


3.TINGKATKAN KEGIATAN KEAGAMAAN!
Dalam hal ini kegiatan rohani sangat mempengaruhi seseorang dalam menghindari pergaulan bebas.Dengan memperbanyak kegiatan rohani seseorang dapat mempertebal imannya dan juga mebuatnya bisa lebih membedakan mana yang buruk dan mana yang baik untuk dirinya.

4.KOMUNIKASILAH DENGAN KELUARGA!
Komukasi dengan keluarga merupakan salah satu cara efektif untuk menghindari pergaulan bebas karena faktor keluarga adalah faktor paling dekat dalam mencegah pergaulan bebas karena keluarga bisa mengontrol dan juga memberi masukan dan didikan tentang pergaulan bebas.

5.BATASI RASA INGIN TAHU!
Rasa tahu akan suatu hal dapat mempengaruhi kamu untuk mencoba hal negatif seperti ingin mengetahui rasanya merokok dan juga narkoba.Kita harus membatasi rasa ingin tahu kita agar tidak terlewat batas,untuk membatasinya mudah saja jika banyak orang bilang bahwa hal itu buruk maka jangan coba coba untuk diIngin Ketahui,dan jika suatu hal dibilang banyak orang itu baik dan tidak berdampak apa apa ya kamu boleh boleh saja mencoba hal tersebut selagi masih wajar.


Dari beberapa alasan diatas,saya harap kamu bisa melakukan salah satunya agar bisa terhindar dari pergaulaan bebas karena sekarang banyak sekali terjadi pergaulan bebas dan banyak terjadi di kalngan remaja sehingga kita diminta untuk pandai pandai memilih pergaulan yang baik untuk diri kita.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Cara menghindari pergaulan bebas"

Post a Comment